Jumat, 06 Januari 2012

Sejarah Sastra Rusia

Kesusasteraan Rusia


Kesusasteraan Rusia merujuk pada karya sastra yang berasal dari Rusia atau yang berbahasa Rusia yang berasal dari negara pecahan Uni-Soviet. Cikal bakal sastra Rusia sudah mulai muncul sebelum abad 19, berupa puisi, skenario drama dan munculnya penulis seperti Gavrila Derzhavin, Denis Fonvizin, Alexander Sumarokov, Vasily Trediakovsky, Nikolay Karamzin dan Ivan Krylov. Sastra Rusia mengalami masa kejayaan sejak sekitar tahun 1830an, yang diawali oleh novelis sekaligus penyair – Alexander Pushkin dan mencapai titik puncaknya dengan munculnya dua neovelis terbesar di dunia Leo Tolstoy dan Fyodor Dostoyevsky, ditambah munculnya cerpenis dan penulis skenario drama ternama Anton Chekov. Sastra Rusia di abad ke-20 dikenal oleh sosok-sosok seperti Alexander Blok, Sergei Yesenin, Marina Tsvetaeva, Vladimir Mayakovsky dan penulis prosa Maxim Gorky, Vladimir Nabokov, Mikhail Sholokhov, Mikhail Bulgakov dan Aleksandr Solzhenitsyn. Mereka semua terkenal di dunia.

Sastra Rusia Lama


Sejarah karya sastra Rusia diawali dengan beberapa karya yang ditulis dalam bahasa Rusia kuno. Karya-karya tersebut misalnya “The Tale of Igor's Campaign” dan “Praying of Daniel the Immured” dan kesemuanya anonim. Karya lain yang mengawali lahirnya kesusasteraan Rusia antara lain Zadonschina, Physiologist, Synopsis & A Journey Beyond the Three Seas. Ada juga Bylinas – yang merupakan percampuran antara Kristen dan trdisi pagan. Sedangkan karya-karya pada abad pertengahan terdapat banyak karakter-karakter religius yang diadaptasi dari karya-karya berbahasa Gereja Slavonic yang juga mengandung elemen-elemen Slavic Selatan (South Slavic). Karya pertama yang muncul dalam bahasa Rusia keseharian (colloquial) adalah sebuah biografi tentang Pendeta Avvakum. Karya ini muncul pada pertengahan abad 17.

ERA PETRINE


Modernisasi di Rusia biasanya dikaitkan dengan Peter yang Agung (Peter the Great) dan Catherine (Catherine the Great). Pada era ini secara kebetulan bertepatan dengan reformasi alfabet dan semakin meningkatnya penerimaan terhadap penggunaan bahasa-bahasa populer di dalam karya sastra. Antiochus Kantemir, Vasily Trediakovsky, and Mikhail Lomonosov adalah penulis pada abad ke-18 yang dipandang sebagai perintis munculnya penyait seperti Gavrila Derzhavin, penulis drama seperti Alexander Radishchev dan Nikolay Karamzin. Nikolay Karamzin inilah yang kemudian dikenal sebagai kreator sastra Rusia modern.

Era Keemasan


“Era Keemasan” sastra Rusia secara umum berlangsung selama abad 19. Popularitas romantisme memunculkan penyair berbakat - Vasily Zhukovsky dan anak didiknya ;Alexander Pushkin. Pushkin dikenal sebagai penyair yang membuat sastra berbahasa Rusia lebih bening dan terang serta telah berperan membawa sastra Rusia ke level baru. Eugene Onegin – novel berbentuk bait-bait, adalah karya Pushkin yang paling populer. Pada masa ini pula muncul generasi penyair-penyair baru antara lain :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More